Merek adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan. Merek dapat berupa unsur nama, kata, frasa, logo, lambang, desain, gambar, atau kombinasi dua atau lebih unsur-unsur tersebut.

Tanda pembeda ini bisa berupa suatu badan usaha sebagai penanda identitasnya ataupun tanda pembeda dalam produk barang atau jasa yang dihasilkannya.

Tujuan diberikan Merek ini adalah untuk membedakan usaha tersebut maupun barang atau jasa yang dihasilkannya dari badan usaha lain. Merek dipercaya menjadi motif pendorong konsumen memilih suatu produk, karena merek bukan hanya apa yang tercetak didalam produk kemasannya, tetapi merek termasuk apa yang ada di benak konsumen dan bagaimana konsumen mengasosiasikannya. Contoh : Orang lebih cenderung menyebutkan merek “AQUA” dibandingkan Air Mineral Kemasan.

Merek merupakan esensi yang sangat penting dalam kegiatan usaha. Oleh sebab itu, merek termasuk bagian kekayaan industri yang memiliki nilai ekonomis sehingga diperlukan suatu jaminan secara hukum untuk melindungi kepentingan pemilik merek. Jaminan Hukum terhadap Merek bisa dilakukan dengan Pendaftaran Merek yang berlaku selama 10 tahun.

Fungsi pendaftaran Merek :

  • Sebagai alat bukti bagi pemilik yang berhak atas merek yang didaftarkan.
  • Sebagai dasar penolakan terhadap merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang/jasa sejenis.
  • Sebagai dasar untuk mencegah orang lain memakai merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya dalam peredaran untuk barang/jasa sejenis tanpa seizin pemilik merek yang sah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran Merek :

  • Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas keagamaan, kesusilaan, atau ketertiban umum.
  • Tidak memiliki daya pembeda.
  • Telah menjadi milik umum.
  • Merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Selain proses Pendaftaran Merek, kami juga dapat membantu Anda untuk :

  1. Permohonan Perpanjangan Merek Terdaftar.
  2. Permohonan Pencatatan Pengalihan Hak Merek Terdaftar.
  3. Permohonan Pencatatan Perubahan Nama dan Alamat.
  4. Permohonan Penghapusan Merek Terdaftar.
  5. Permohonan Pencatatan Pembatalan Merek Terdaftar.
  6. Permohonan Petikan Merek Terdaftar.
  7. Menyusun Surat Keberatan atas Permohonan Pendaftaran Merek.
  8. Permohonan Pengajuan MEREK INTERNASIONAL yang bekerjasama dengan WIPO.